Pengertian Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Pengertian Ilmu Pengetahuan & Teknologi

Pada era sekarang ini, manusia tidak akan dapat meningkatkan taraf hidupnya tanpa menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terlalu kompleks untuk dipisahkan dari ikatan manusia. yang mengantarkan manusia untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmu pengetahuan dan teknologi membawa banyak manfaat dan memudahkan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari manusia. Kemajuan teknologi menghasilkan modernitas yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi. Mobilitas sosial, ekspansi, atau ekspansi budaya.

Kemajuan dalam teknologi komunikasi berarti lebih banyak kemajuan dan penghematan juga. Terlepas dari manfaatnya bagi kehidupan manusia, ternyata masih banyak masyarakat yang belum memahami pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Meskipun memahami makna awalnya merupakan langkah awal yang penting untuk memahami lebih dalam dan lebih baik tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, oleh karena itu di bawah ini akan kami rangkum informasi lengkap tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi dari merdeka.com tentang dspace.uii.ac. Indo

 

Pengertian Ilmu Pengetahuan

 

Seringkali tidak ada perbedaan antara sains dan pengetahuan. Bendera ini berasal dari bahasa latin “cynthia” atau dari bahasa inggris ilmiah. dan dicantumkan dalam Kamus Kementerian Keuangan RI sebagai bendera Sedangkan pengetahuan bahasa Inggris adalah pengetahuan dalam arti kata yang sebenarnya. Makna keduanya juga berbeda. Sains adalah pengetahuan yang sistematis, terorganisir, rasional, dan masuk akal sebagaimana adanya. Sedangkan pengetahuan adalah pemahaman tentang hal-hal yang bersifat spontan tanpa perlu banyak observasi dan penelitian.

 

Semua sains menunjukkan prosedur umum yang sama yang dikenal sebagai metode ilmiah. Dikembangkan selama berabad-abad untuk memperluas pengetahuan kita tentang dunia. Pengetahuan adalah produk dari aktivitas intelektual. Sedangkan ilmu adalah bagian dari ilmu yang memiliki ciri-ciri yang membedakan ilmu dengan ilmu lainnya. Yaitu adanya suatu proses khusus yang dikenal sebagai metode ilmiah. dari definisi-definisi tersebut Kita dapat menyimpulkan bahwa sains adalah pengetahuan yang dapat disistematisasikan dan dijelaskan berdasarkan cara logis dan keberadaannya dapat dirasakan.

Baca Juga : BERBAGAI SEJARAH PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA

 

Pengertian Teknologi

Selain itu juga ada berbagai macam pengertian teknolgi yang akan kami bahas, seperti berikut :

 

1. Philip Sporn

Teknologi adalah kumpulan pengetahuan yang dikumpulkan secara sistematis dari penemuan ilmiah melalui eksperimen atau hanya berdasarkan praktik sukses selama bertahun-tahun. Ini memungkinkan untuk menghasilkan barang atau jasa tertentu.

2. Bharata

Teknologi adalah ilmu bekerja dalam industri. (Ilmu yang berhubungan dengan seni industri)

 

3. Harahap, Felino

Teknologi adalah ilmu praktis bisnis. pengetahuan sistematis keterampilan industri.

Guru Wajib Menguasai Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

Ruteng (Humas) – Seorang guru tidak boleh merasa puas dengan apa yang dimilikinya. karena seiring berjalannya waktu Guru harus mahir dalam IPTEK.Selain itu, Kepala Kementerian Agama Francis Adi menjelaskan, guru saat ini lebih banyak menghadapi tantangan dibanding masa lalu. Guru berinteraksi dengan siswa dengan cara yang lebih beragam. Perangkat pembelajaran semakin kompleks dan sulit. serta standar proses pembelajaran yang lebih tinggi dan persyaratan keterampilan berpikir siswa.

 

Karena perubahan yang signifikan di bidang sosial, ekonomi, politik dan budaya didorong oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. dan perubahan cepat dalam populasi dan lingkungan. Hal ini sangat mempengaruhi pendidikan dan profesionalisme guru. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kecerdasan intelektual. Kesehatan emosional dan spiritual dan karakter siswa yang tinggi. melatih siswa yang berkualitas Jadilah kreatif dan mandiri

 

Karena peran guru yang penting dan strategis Guru harus profesional dan melek teknologi sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan UU No 14 tahun 2005 tentang guru dan tenaga kependidikan.Guru adalah guru profesional yang peran utamanya mendidik, mengajar, mengawasi, membimbing, melatih dan menilai, dan mengevaluasi siswa.

Share Post

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published.